Friday 1 August 2014

Kewajiban Mukallaf

hukumnya adalah wajib 'ainy atas orang mukallaf untuk mengetahui sifat-sifat yang wajib bagi Allah, sifat-sifat yang mustahil pada Allah dan perkara yang jaiz pada Allah. ini merupakan awal kewajiban bagi mukallaf,. karena sesungguhnya pokok dan dasar agama adalah mengetahui yang akan disembah sebelum melakukan penyembahan.


mengetahui (ma'rifat ) ialah menemukan secara mantap tanpa adanya keraguan dan sesuai dengan kenyataan yang disertai dengan dalil.

mantap (jazm) adalah meniadakan 3 perkara yaitu syak, wahm, dan dlon.
yang dapat diilustrasikan sebagai berikut :

Syak = (yakin 50% : ragu 50%)
wahm = (yakin 25% : ragu 75%) - - - - masih banyak ragunya daripada yakinnya
dlon = (yakin 75% : ragu 25%) - - - - walaupun yakin tapi masih ada ragunya

ma'rifat yaitu meniadakan 3 perkara tersebut, dan keyakinannya harus cocok dengan kenyataan. tidak seperti orang-orang Nasrani misalnya yang mengatakan bahwa jesus adalah anak Tuhan, pemahaman tersebut jelas tidak sesuai dengan kenyataan, karena jika Tuhan punya anak maka Tuhan sama dengan makhluk-Nya, dan jika Tuhan itu sama dengan makhluk-Nya maka Tuhan pun termasuk makhluk dan itu mustahil. namun dalam berakidah harus dengan dalil (tidak boleh taqlid),.. karena imannya orang yang taqlid masih diperselisihkan. maka berhati-hatilah dan terus belajarlah dengan orang yang ahli di bidangnya.

keimanan dapat dicapai dengan jalan ma'rifat, karena dengan ma'rifat kita dapat membenarkan (tashdiq), kita tidak dapat membenarkan sesuatu jika kita tidak mengetahuinya. wallahu a'lam

















No comments:

Post a Comment

Logo

Logo